Pages

Minggu, 20 Maret 2011

Budaya Politik


Budaya politik berasal dari kata budaya dan politik, masing-masing kata tersebut mempunyai arti sendiri. Budaya secara harfiah berasal dari bahasa sanskerta buddhayah, yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal. Budaya dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan akal.
Adapun kata politik, merupakan terjemahan dari bahasa Inggris dari kata policial, polity, atau politic, namun istilah politik berasal dari kata politis (bahasa Yunani kuno) yang artinya politeca atau city polis atau negara kota. Perkembangan selanjutnya menunjukan bahwa istilah politik tidak lagi hanya berarti negara, tetapi lebih dari itu. Pengertian istilah politik sudah berkembang menjadi “cara-cara atau upaya untukmencapai suatu tujuan”.

Ciri Budaya Politik
            Budaya politik merupakan perwujudan nilai-nilai politik yang dianut oleh sekelompok masyarakat, bangsa, atau negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan politik kenegaraan. Dari berbagai pendapat para ahlitentang budaya politik, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri budaya politik adalah :
a.        Nilai–nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yang harus dilakukan.
b.       Sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya.
c.       Sikap terhadap peranan warga negara yang ada dalam sistem itu.
d.       Pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati para anggota suatu sistem politik. 


1 komentar:

sablon cup mengatakan...

terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat.

www.kiostiket.com

Posting Komentar